Wednesday, December 14, 2011

Always Google.com


Kejadian ini sering kita alami, ketika ingin membuka situs pencarian www.google.com yang terbuka di browser malah kita dibawa ke google lokal www.google.co.id. Demikian juga bila pada posisi kita sign in via browser chrome kita malah dibawa ke situs igoogle yakni www.google.com/ig. Lalu bagaimana cara hendak menggunakan situs google yang utama yakni www.google.com? dengan kata lain ingin merubah dari www.google.co.id ke www.google.com.

Meski sebenarnya fungsi pencarian dari google tidak dipengaruhi dari mana pencarian itu diakses apakah dari situs utamanya atau bukan. Yang bukan utama disini semisal semacam bar di igoogle, toolbar, situs-situs ataupun blog. Karena yang bukan situs utama tersbut pada prinsipnya adalah shortcut juga yang bila di akses kita akan dibawa ke situs pencarian utama. Bedanya Cuma bila mengakses dari situs utama yakni www.google.com kita bisa langsung memlih spesifikasi apakah akan mencari web, image, dan lain sebagainya.
Ada cara mudah untuk mengatasi hal tersebut, bila yang posisi sign-in, kita sign-out dulu. Lalu bila posisinya selau google.co.id yaitu dengan cara mengetik www.google.com/ncr di addres bar kemudian tekan enter, maka halaman yang terbuka akan menjadi www.google.com, bukan lagi google.co.id.
Selamat mencoba J

No comments:

Post a Comment